HUBUNGAN KENYAMANAN DENGAN EKONOMI KESEHATAN PADA PASIEN BPJS KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU

REFILA FAZIRA, 19001011 (2023) HUBUNGAN KENYAMANAN DENGAN EKONOMI KESEHATAN PADA PASIEN BPJS KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU. S1 Administrasi Rumah Sakit thesis, UNIVERSITAS AWAL BROS.

[img] Text
SKRIPSI REFILA.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
bab 1.pdf

Download (318kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (98kB)

Abstract

Pembiayaan kesehatan masih banyak bergantung pada uang pribadi, menyebabkan sebagian besar penduduk kurang terlindungi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kenyamanan pada pasien dengan ekonomi kesehatan BPJS Kesehatan di ruang rawat inap RSUD Arifin Achmad provinsi Riau. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan desain penelitian Cross Sectional. Sampel pada penelitian ini adalah pasien atau keluarga pasien rawat inap peserta BPJS Kesehatan yang tidak naik kelas perawat ruang rawat inap di RSUD Arifin Achmad pada tahun 2022. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Non-Probability Sampling. Dimensi kualitas pelayanan yang dievaluasi meliputi Tangible, Reability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan dan pendidikan memiliki hubungan yang signifikan dengan sebagian besar dimensi kualitas pelayanan, termasuk Tangible, Reability, Assurance, dan Emphaty. Namun, jumlah anggota keluarga tidak berhubungan secara signifikan oleh variabel Responsiveness dan Assuranve. Untuk mengetahui hubungan kenyamanan pasien ruang rawat inap terhadap ekonomi kesehatan. Adapun subjek pada penelitian ini adalah pasien BPJS Kesehatan di ruang rawat inap. Objek pada penelitian ini, hubungan kenyamanan pasien terhadap kualitas pelayanan yang meliputi Tangibles (wujud nyata), Reability (kehandalan), Responsiveness (kesigapan), Assurance (jaminan), dan Emphaty (empati) terhadap Ekonomi Kesehatan. Dalam penelitian ini, maka diperoleh hasil penilaian dari responden mengenai setiap indikator pada variabel ekonomi kesehatan dan kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (S1 Administrasi Rumah Sakit)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Kenyamanan Pasien, Ekonomi Kesehatan
Subjects: S1 Administrasi Rumah Sakit > Operasional dan Pelayanan Kesehatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: REFILA FAZIRA ARS
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:22
Last Modified: 13 Jun 2024 08:22
URI: http://repository.univawalbros.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item View Item