ANALISIS STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI UNIT INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU

M Bahrul Ilmi, MBI (2025) ANALISIS STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MSDM) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI UNIT INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU. S1 Administrasi Rumah Sakit thesis, Universitas Awal Bros.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (916kB)
[img] Text
KTI FULL.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh hasil survey awal yang dilakukan oleh peneliti dengan wawancara non formal, didaptkan hasil bahwa kurangnya pemberian reward untuk petugas terbaik, masih kurangnya petugas di trauma center IGD, dan jika ada petugas yang resign untuk mendapatkan petugas yang baru membutuhkan proses rekrutmen yang cukup lama.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen SDM dalam meningkatkan kualitas pelayanan IGD, dengan variabel perencanaan sdm, rekrutmen, pelatihan, dan manajemen kinerja. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif analitik. Sampel penelitian adalah 3 informan yang terdiri dari Kepala SDM, Kepala Unit IGD, dan perawat pelaksana. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen, kemudian dianalisis dengan teknik content analysis. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara terstruktur dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kekurangan petugas di unit trauma center, lalu kurangnya anggaran untuk mengadakan pelatihan, kemudian proses rekrutmen yang cukup lama, dan kurangnya pemberian penghargaan kepada petugas terbaik. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi MSDM yang terstruktur dan berkelanjutan berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pelayanan IGD, tetapi perlu dukungan manajemen yang lebih kuat. Saran penelitian adalah perlunya penambahan alokasi anggaran untuk pelatihan, percepatan proses rekrutmen, serta pemberian penghargaan dan motivasi bagi tenaga kesehatan agar pelayanan IGD dapat lebih optimal dan berkesinambungan.

Item Type: Thesis (S1 Administrasi Rumah Sakit)
Subjects: S1 Administrasi Rumah Sakit > Operasional dan Pelayanan Kesehatan
S1 Administrasi Rumah Sakit > Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: M Bahrul Ilmi
Date Deposited: 01 Oct 2025 04:22
Last Modified: 01 Oct 2025 04:22
URI: http://repository.univawalbros.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item