CINDI FEBRIANI PRAMITA, 18001004 (2022) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN LANJUT USIA DI PUSKESMAS KEBUN SIKOLOS KOTA PADANG PANJANG. S1 Administrasi Rumah Sakit thesis, UNIVERSITAS AWAL BROS.
Text
cindi febriani pramita skripsi alhamdulillah.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kualitas pelayanan dikatakan baik jika pelayanan yang diberikan sesuai atau lebih dari harapan pasien sehingga dikatakan memuaskan.Sebaliknya, pelayanan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan pasien dapat membuat pasien tidak merasa puas. Di Puskesmas Kebun Sikolos Kota Padang Panjang , 3 dari 7 pasien lanjut usia merasa puas dengan pelayanan yang diberikan tenaga kesehatan Puskesmas Kebun Sikolos Kota Padang Panjang. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Lanjut Usia di Puskesmas Kebun Sikolos Kota Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain descriptive, dilaksanakan di Puskesmas Kebun Sikolos dengan jumlah responden 51 orang pasien lanjut usia. Penelitian ini menggunakan kuisoner dan pengolahan data,uji univariat, uji normalitas, uji linearitas, dan uji bivariat. Hasil penelitian dapat dilihat dari tingkat kepuasan pasien lanjut usia puas tinggi dengan range nilai 92,2%. Dapat dikatakan adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, sejalan dengan hasil kualitas pelayanan yang baik.Pada penilaian pelayanan menggunakan lima dimensi, sebagian besar pasien lanjut usia menilai baik pada dimensi Kehandalan (Reability) dengan range 64,7%, Ketanggapan (Responsiveness) dengan range 47,1%, Jaminan (Assurance) sebesar 41,2%, dan Empati (Empathy) sebesar 68,6% . Namun pada variabel Bukti Fisik (Tangible) mayoritas pasien lanjut usia menilai kurang dengan range 52,9%. Kesimpulan penelitian dikatakan bahwa kualitas pelayanan di Puskesmas Kebun Sikolos baik dapat dibuktikan dengan kepuasan pasien lanjut usia yang tinggi. Disini dikatakan bahwa adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, sejalan dengan hasil kualitas pelayanan yang baik
Item Type: | Thesis (S1 Administrasi Rumah Sakit) |
---|---|
Subjects: | S1 Administrasi Rumah Sakit > Operasional dan Pelayanan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | CINDI FEBRIANI PRAMITA |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 04:01 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 03:58 |
URI: | http://repository.univawalbros.ac.id/id/eprint/110 |
Actions (login required)
View Item |