PENGARUH PELAYANAN PRIMA TENAGA ADMINISTRASI PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU

ANGELA HULJANNAH, 19001003 (2023) PENGARUH PELAYANAN PRIMA TENAGA ADMINISTRASI PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU. S1 Administrasi Rumah Sakit thesis, UNIVERSITAS AWAL BROS.

[img] Text
SKRIPSI ANGELA HULJANNAH (19001003).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI ANGELA HULJANNAH (19001003) BAB 1.pdf

Download (259kB)
[img] Text
SKRIPSI ANGELA HULJANNAH (19001003) Abstrak.pdf

Download (93kB)

Abstract

Pelayanan Prima merupakan pelayanan yang sangat baik atau terbaik kepada pasien berdasarkan standar mutu untuk memenuhi kebutuhan dan keinganan pasien sehingga pasien dapat memperoleh kepuasan. Kepuasaan merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapannya. Jadi tingkat kepuasaan adalah fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Pelayanan Prima Tenaga Administrasi Pendaftaran terhadap Kepuasan Pasien di Unit Rawat Jalan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Kuantitatif dengan Metode Cross Sectional Study yang dilaksanakan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan jumlah responden 100 orang yaitu pasien rawat jalan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Hasil Penelitian ini diperoleh dari olah data penelitian yang menunjukkan bahwa Pengaruh Pelayanan Prima Tenaga Administrasi Pendaftaran berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien di Unit Rawat Jalan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Hal ini dilihat dengan nilai sig 0,000 < 0,005 adapun hasil uji T menunjukkan bahwa Indikator attitude, ability, attention, action, accountability, dan apperenace, secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Kemudian R2 menghasilkan 0,487 hal ini berarti 48,7% variasi kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh 6 Indikator dari pelayanan prima yaitu attitude, ability, attention, action, accountability, dan apperenace, sedangkan sisanya 51,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel.

Item Type: Thesis (S1 Administrasi Rumah Sakit)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Prima, Kepuasan Pasien, Unit Rawat Jalan
Subjects: S1 Administrasi Rumah Sakit > Operasional dan Pelayanan Kesehatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: ANGELA HULJANNAH
Date Deposited: 22 Jul 2024 05:03
Last Modified: 22 Jul 2024 05:03
URI: http://repository.univawalbros.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item View Item