ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN LANJUT USIA DI PUSKESMAS KEBUN SIKOLOS KOTA PADANG PANJANG

CINDI FEBRIANI PRAMITA, 18001004 (2022) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN LANJUT USIA DI PUSKESMAS KEBUN SIKOLOS KOTA PADANG PANJANG. S1 Administrasi Rumah Sakit thesis, UNIVERSITAS AWAL BROS.

[img] Text
cindi febriani pramita skripsi alhamdulillah.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas pelayanan dikatakan baik jika pelayanan yang diberikan sesuai atau lebih dari harapan pasien sehingga dikatakan memuaskan.Sebaliknya, pelayanan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan pasien dapat membuat pasien tidak merasa puas. Di Puskesmas Kebun Sikolos Kota Padang Panjang , 3 dari 7 pasien lanjut usia merasa puas dengan pelayanan yang diberikan tenaga kesehatan Puskesmas Kebun Sikolos Kota Padang Panjang. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Lanjut Usia di Puskesmas Kebun Sikolos Kota Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain descriptive, dilaksanakan di Puskesmas Kebun Sikolos dengan jumlah responden 51 orang pasien lanjut usia. Penelitian ini menggunakan kuisoner dan pengolahan data,uji univariat, uji normalitas, uji linearitas, dan uji bivariat. Hasil penelitian dapat dilihat dari tingkat kepuasan pasien lanjut usia puas tinggi dengan range nilai 92,2%. Dapat dikatakan adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, sejalan dengan hasil kualitas pelayanan yang baik.Pada penilaian pelayanan menggunakan lima dimensi, sebagian besar pasien lanjut usia menilai baik pada dimensi Kehandalan (Reability) dengan range 64,7%, Ketanggapan (Responsiveness) dengan range 47,1%, Jaminan (Assurance) sebesar 41,2%, dan Empati (Empathy) sebesar 68,6% . Namun pada variabel Bukti Fisik (Tangible) mayoritas pasien lanjut usia menilai kurang dengan range 52,9%. Kesimpulan penelitian dikatakan bahwa kualitas pelayanan di Puskesmas Kebun Sikolos baik dapat dibuktikan dengan kepuasan pasien lanjut usia yang tinggi. Disini dikatakan bahwa adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien, sejalan dengan hasil kualitas pelayanan yang baik

Item Type: Thesis (S1 Administrasi Rumah Sakit)
Subjects: S1 Administrasi Rumah Sakit > Operasional dan Pelayanan Kesehatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: CINDI FEBRIANI PRAMITA
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:01
Last Modified: 17 Jul 2023 03:58
URI: http://repository.univawalbros.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item