PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI RUMAH SAKIT TERHADAPKEPUASAN PASIEN DI UNIT INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU

MEIDITA TIFANI, 18001012 (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI RUMAH SAKIT TERHADAPKEPUASAN PASIEN DI UNIT INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU. S1 Administrasi Rumah Sakit thesis, UNIVERSITAS AWAL BROS.

[img] Text
SKRIPSI ACC.pdf
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (776kB)

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan merupakan suatu tingkatan yang menunjukkan kesempurnaan pelayanan kesehatan yang mampu menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien. Sehingga apabila terdapat ketidakpuasan pada pasien merupakan hal yang perlu diperhatikan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan administrasi rumah sakit terhadap kepuasan pasien di unit instalasi rawat jalan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan berdasarkan cross-sectional, pada analisis kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 10444 pasien. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental sampling, dengan sampel sebanyak 100 sampel. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner, analisis data yang digunakan ialah regresi linier sederhana. Pada penelitian ini menunjukkan semua indikator kualitas pelayanan (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty) secara bersama-sama memiliki pengaruh positif pada kualitas pelayanan tenaga administrasi rumah sakit terhadap kepuasan pasien di unit instalasi rawat jalan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Terdapat dua variabel indikator kualitas pelayanan yang paling dominan berpengaruh antara kualitas pelayanan tenaga administrasi rumah sakit terhadap kepuasan pasien di unit instalasi rawat jalan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, yang diantaranya indikator Assurance 48,6% dan Tangible 24,3% dan (R2) sebesar (0,636) menunjukkan bahwa 63,6% variabel kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan tenaga administrasi rumah sakit, sedangkan sisanya 36,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan semakin baik kualitas pelayanan maka pasien akan semakin merasa puas dan terus kembali untuk mendapatkan pelayanan dari waktu ke waktu, karena pelayanan yang baik mampu memberikan kepuasan kepada pasien yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Item Type: Thesis (S1 Administrasi Rumah Sakit)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit
Subjects: S1 Administrasi Rumah Sakit > Kebijakan dan Peraturan Kesehatan
S1 Administrasi Rumah Sakit > Operasional dan Pelayanan Kesehatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: MEIDITA TIFANI
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:01
Last Modified: 22 Jun 2023 08:26
URI: http://repository.univawalbros.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item View Item